Peringatan Ulang Tahun Konferensi Agung Sangha Ind

Konferensi Agung Sangha Indonesia merupakan perhimpunan sangha-sangha dalam suatu persidangan (konferensi) agung dengan berpedoman pada Kitab Suci Agama Buddha, yaitu Tripitaka Pali, Sangskrit dan Tibetan (Kanjur) secara utuh dan merupakan lembaga tertinggi Dharmaniyoga (Pengambil Keputusan Dharma/Fatwa).

Konferensi Agung Sangha Indonesia didirikan pada tanggal 14 November 1998 oleh Sangha Agung Indonesia, Sangha Mahayana Indonesia dan Sangha Theravada Indonesia. Tepat di tahun 2013, Konferensi Agung Sangha Indonesia memasuki usianya yang ke - 15. Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke 15 ini, Konferensi Agung Sangha Indonesia menyelenggarakan  dengan tema "Sukha Sanghassa Samaggi/Persatuan Sangha Sebab Kebahagiaan". Tema ini ditentukan sesuai  dengan tujuan berdirinya  yaitu sebagai Perkumpulan Sangha-sangha yang ada di Indonesia untuk menjaga dan melestarikan Buddha Dharma.

Acara tersebut diselenggarakan di Restoran Vegetarian Dharma Kitchen,Pluit, Jakarta Utara pada tanggal 21 Desember 2013, Sabtu. Acara Syukuran dan Sarasehan dihadiri oleh Vidyaka Sabha Konferensi Agung Sangha Indonesia, Pimpinan 3 Sangha, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Joko Wuryanto, Pimpinan 4 Majelis, Pimpinan Organisasi Buddhis serta umat Buddha dari daerah Jakarta dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Sekjen Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI), Thera Dhammakaro, menyampaikan KASI masih membutuhkan dukungan dari majelis-majelis dan semua umat Buddha sebab 15 tahun masih termasuk masih muda sehingga belum memiliki fondasi yang kuat. Joko Wuryanto sebagai Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI dalam sambutannya memberikan apresiasi atas upaya pembinaan yang telah dilakukan oleh KASI.

Majelis Buddhayana Indonesia pada kesempatan ini dihadiri oleh Drs. Piandi Ang, Ketua Umum MBI terpilih 2013-2018 dan Hans R. Kosari, Wakil Ketua Umum MBI juga beberapa umat Buddhayana yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya.