PELATIHAN UPACARIKA KALIMANTAN TENGAH

Acara yang diselenggarakan di hotel Berkat Mitra, pada tanggal 26-27 November 2011, Sampit, Kalimantan Tengah ini dihadiri oleh kurang lebih 30 orang  dan berlangsung dengan sangat baik. Hadir dalam kegiatan tersebut Mahatheri Nyana Pundarika, Ibu UP. Mettasuri Citradi dan UP. Henry Gunawan Chandra sebagai pembicara dalam pelatihan pandita kali ini.

Acara dimulai pada jam 09.30 dengan sambutan dari MBI Prov. Kalimantan Tengah, bapak Eddy Senjaya, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembimas Buddha Kementerian Agama RI Prov Kalteng, bpk. AndiDela Yulianto, S.Ag, M.Si

Sebagai materi pembuka pelatihan pandita ini adalah "Peran dan Fungsi Upacarika" yang disampaikan oleh Mahatheri Nyanapundarika yang mengupas tentang apa dan siapa itu Upacarika dan juga Pandita Upacarika / Lokapalasraya. Apa saja bentuk-bentuk kontribusi Upacarika untuk perkembangan agama Buddha Indonesia? Semuanya dijelaskan dengan sangat gambalang eh pembicara.

Setelah makan siang, materi berikutnya adalah "Makna Ritual Buddhis" yang membahas tetang ritual-ritual dalam Agama Buddha termasuk didalamnya sejarah dan latar belakang ritual tersebut, materi ini menjadi sangat penting karena sering terjadi salah tafsir tentang ritual-ritual dalam agama Buddha, materi ini disampaikan oleh U.P. Henry Gunawan Chandra yang kemudian dirangkai dengan materi "Keberagaman Tradisi  Buddhis" yang mengetengahkan soal tradisi-tradisi Buddhis yang berkembang khususnya di Indonesia.

Setelah istirahat untuk makan malam pemaparan materi dilanjutkan dengan Tata Upacara Cara Perkawinan yang disampaikan oleh Ibu UP. Mettasuri Citradi sekaligus menutup pelatihan untuk hari yang pertama.

Keesokan harinya pelatihan diisi dengan pemaparan "Tata Upacara Kematian" oleh UP. Henry Gunawan Chandra, materi ini adalah materi wajib dalam pelatihan Upacarika selain Tata Upacara Perkawinan. Sesi terakhir pelatihan ini adalah Diskusi dan tanya jawab dengan peserta, acara diakhiri dengan doa penutup dan foto bersama seluruh peserta pelatihan.