Kathina Nasional Keluarga Buddhayana Indonesia

Untuk pertama kalinya Keluarga Buddhayana Indonesia(KBI) menyelenggarakan Kathina Nasional di Medan- Sumatera Utara pada tgl 30 Oktober 2011. Mengambil di Plaza Yang Lim acara ini dihadiri oleh lebih kurang 3000 umat dari Medan, Sibolga, Kisaran, TanjungBalai, Binjai dan sekitarnya yang sudah mulai berdatangan sejak jam 12.30. Acara ini menjadi sangat spesial dan disambut antusias oleh Umat Buddha Sumatera Utara dan sekitarnya karena di Hari Kathina ini merupakan momen yang sangat baik bagi umat perumah-tangga untuk berdana kepada Sangha.

Hadir pada acara tersebut kurang lebih 34 orang anggota Sangha Agung Indonesia yang antara lain : Bikkhu Nayanasuryanadi, Bikkhu Arya Kusalo, Bikkhu Nyanamaitri, Bikkhu Nyana Karuno, Bikkhu Thanavaro, Bikkhu Pannasami, Bikkhu Kheminda, Bikkhu Khemanando, Bikkhu Thitapanno, Bikkhu Santavano, Bikkhu Bhadra Jagara, Bikkhu Bhadra Kirti, Bikkhu Bhadra Sumano, Bikkhu Nyanavira, Bikkhu Punnajato, Bikkhu Nyanapada, Bikkhu Thitavamso, Bikkhu Aggacitto, Bikkhu Candasilo, Bikkhu Cattapunno, dan lain-lain. Acara ini dihadiri juga oleh Pengurus MBI yang pada kesempatan itu berkenan hadir Bp. Sudhamek AWS selaku Ketua Umum MBI, Bp. Amin Untario selaku Wakil Ketua Umum, dan Bp. Budiman selaku Sekretaris Jendral sedangkan dari MBI daerah hadir antara lain: Romo Tony , RomoHermanto, Ibu Mariani dari Pekanbaru. Dari Jambi hadir Ketua MBI RomoBalamitta. Dari Bali hadir Romo Dady Pasamsa.

Sebagai Ketua Panitia Kathina ini adalah Bp. Riady yang didukung sepenuhnya oleh Ketua MBI Sumatera Utara Bp. Oni Hindrakusumah beserta jajarannya. Persiapan yang tidak lebih dari 1.5 bulan ternyata membuahkan hasil yang sangat luar biasa. Promosi melalui media cetak dan media luar ruang (Billboard) membuat acara ini dengan cepat diketahui luas oleh masyarakat Medan dan sekitarnya. Sebuah kerja keras yang luar biasa dari Panitia Kathina Nasional kali ini. Salut buat teman- teman di Medan.

Sebagai pra-Acara diawali dengan peluncuran Buku oleh Sekber Sumut pada pukul 13.30 diselingi dengan acara-acara kesenian sembari menunggu kedatangan anggota Sangha dan para tamu undangan. Acara dimulai jam 14.30 dengan Sambutan dari Pembimas Buddha Kanwil Depag Sumatera Utara Bp. Ketut Supardi yang kemudian diikuti kata sambutan dari Bp. Sudhamek selaku Ketua Umum MBI. Acara dilanjutkan dengan Kathina Puja yang dirangkai dengan Dhammadesana oleh Bhante Nyanasuryandi selama kurang lebih 20 menit sebelum akhirnya dilakukan Kathina Dana. Acara Kathina Dana ini memakan waktu lebih kurang 1.5 jam karena begitu banyaknya jumlah umat  yang akan menyampaikan Dana Kathina. Sekali lagi apresiasi dan rasa kagum kepada umat  Buddha di Sumut karena kedisiplinanya yaitu dengan tertib dan teratur menunggu giliran masing-masing untuk menyampaikan Kathina Dana. Acara Kathina Nasional KBI ini ditutup dengan foto bersama Pandita yang hadir dengan Pengurus KBI secara keseluruhan pada pukul 18.00. (Untario Amin)